Laman

Sabtu, 26 November 2011

Praktikum Pengaruh Suhu Terhadap Laju Reaksi

laporan hasil Praktikum Pengaruh Suhu Terhadap Laju Reaksi

Judul: pengaruh Suhu Terhadap Laju Reaksi

Tujuan Praktikum:
Menyelidiki pengaruh suhu terhadap laju reaksi pada reaksi antara asam klorida dengan natrium tiosulfat.

Dasar Teori:

Laju reakasi dapat dipengaruhi oleh konsentrasi, luas permukaan, temperatur, dan katalis. Berdasarkan teori tumbukan, laju reaksi akan lebih cepat jika tumbukan antar partikel zat yang bereaksi lebih banyak.

Pada umumnya, laju reaksi menjadi 2 kali lebih besar jika temperatur dinaikkan 10 ℃ . Jika laju reaksi pada t1 ℃= v1 dan pada t2 ℃= v2 maka dapat dirumuskan: v2 =(2∆t/10 ).v1

Mengapa demikian? Setiap partikel selalu bergerak. Dengan menaikkan temperatur, energi gerak atau energi kinetik molekul akan bertambah, sehingga tumbukan lebih sering terjadi. Itulah sebabnya reaksi kimia berlangsung lebih cepat pada temperatur yang lebih tinggi.

Disamping itu, temperatur juga memperbesar energi potensial dari suatu zat. Zat yang energi potensialnya kecil jika bertumbukan sukar menghasilkan reaksi karena sukar melampaui energi pengaktifan. Dengan naiknya temperatur, energi potensial zat akan menjadi lebih besar sehingga jika bertumbukan akan menghasilkan reaksi.

Alat Dan Bahan

A. Alat

1. Gelas kimia 100 mL 2 buah

2. Pembakar spirtus

3. Termometer

4. Kaki tiga dan kasa

5. Stopwatch

B. Bahan

1. Larutan HCl 2 M

2. Larutan Na2S2O3 0,2 M

Hasil Pengamatan

Waktu yang diperlukan sejak penambahan HCl hingga tandai X hilang

I. Suhu:..................... Waktu:..........................
II. Suhu:..................... Waktu:..........................

Jawaban Pertanyaan

Jika suhu semakin tinggi, maka laju reaksinya juga akan semakin cepat karena
semakin tinggi suhu,tumbukan antar partikel pereaksi akan semakin banyak sehingga sesuai dengan teori tumbukan bahwa semakin banyak jumlah tumbukan maka reaksi akan berlangsung lebih cepat

Pembahasan

Pada Suhu Yang Lebih tinggi, molekul bergerak lebih cepat sehingga energi kinetiknya bertambah. Peningkatan energi kinetik menyebabkan kompleks teraktivasi lebih cepat terbentuk karena energi aktivasi lebih cepat terlampaui.Dengan demikian, reaksi berlangsung lebih cepat.

Kesimpulan

Semakin Tinggi Suhu, maka laju reaksinya akan semakin cepat. Pada umumnya, laju reaksi menjadi 2 kali lebih besar jika temparatur dinaikkan 10'C.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar