Laman

Sabtu, 26 November 2011

Praktikum Penentuan Perubahan Entalpi Reaksi

Laporan Hasil Praktikum Penentuan Entalpi Reaksi



Judul: Penentuan Perubahan Entalpi Reaksi

Tujuan: Menentukan perubahan entalpi reaksi larutan NaOH dengan larutan HCl.

Dasar teori:
Setiap zat mengandung energi. Entalpi adalah energi yang terkandung di dalam zat. Perubahan seluruh energi zat di dalam suatu reaksi disebut perubahan entalpi reaksi. Panas reaksi adalah energi yang dilepaskan atau diserap bila jumlah mol masing-masing zat sama dengan koefisien reaksinya.

aA + bB → cC + dD ∆H (entalpi)

amol A + b mol B → c mol C + d mol D ∆q (panas reaksi)

q = m.c.∆T
∆H = - q
Menurut hukum Hess, banyaknya energi yang diserap atau dilepaskan pada suatu reaksi kimia tidak tergantung pada jalannya reaksi, melainkan pada keadaan awal dan keadaan akhir reaksi. Ada energi sistem, ada energi luar. Entalpi adalah energi sistem.

Alat Dan Bahan

Hasil Pengamatan

Jawaban pertanyaan

Pembahasan



Kesimpulan
Perubahan entalpi reaksi yang di lepaskan atau diserap hanya bergantung kepada keadaan awal dan keadaan akhir. Semakin tinggi temperature reaksi makin cepat laju reaksinya.
Perubahan kalor pada suatu zat atau system di tentukan oleh perubhan suhu, masa zat dan kalor jenis, kalor jenis adalah kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 gram zat setinggi 1 k.
Menghitung banyaknya kalor yang dibebaskan atau diserap berdsarkan suhu pada larutan yang masa dan kapasitas panas bahan kalori ternyata ditentuk

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar